Senin, 11 Juli 2011

Software Animasi 3D

Akhir-akhir ini ada teman saya yang suka menantang untuk mempelajari cara membuat animasi 3D. Akhirnya sayapun menyepakati tantangan itu, sekalian bisa memperdalam ilmu saya pada dunia komputer. Singkat kata, sayapun mencari software animasi 3D, saya bertanya pada teman-teman saya, kebanyakan diantara mereka menyarankan saya menggunakan software 3D Max. Oleh karena itu saya langsung mencari software tersebutdi Internet, setelah dengan perjuangan yang sangat berat akhirnya saya mendapat software tersebut. Setelah software diperoleh langsung saya coba instal, pada saat instal ada terjadi kesalahan, sudah saya coba berapa kalipun tetap saja gagal. Akhirnya saya mencari software lain, dan saya mendapatkannya yaitu blender. Setelah saya mengunduh dari situs resmi blender, saya coba yang versi portable. Kesan yang saya peroleh saat menggunakan software ini diantaranya:
  1. Ringan, entah kenapa walau komputer yang saya gunakan termasuk komputer tua dengan spek seadanya, saat saya menggunakan software ini, komputer tidak terasa begitu berat, saya masih bia melihat video tutorial di youtube dengan lancar.
  2. Open Source, jadi software ini gratis, tanpa ada crak segala.
  3. Tersedia untuk windows dan untuk linux.
  4. Ukurannya tidak terlalu besar (tidak samapai 50 MB) hanya 20-30 MB, jadi tidak perlu lama-lama mendownload.
Untuk sementara ini saya belum bisa memberika perbandingan anatara blender dengan 3D max, karena saya belum mencoba 3d max, tapi saya sudah merasa cukup puas dengan menggunakan blender.
Juga untuk tutorial, mungkin secepatnya akan saya posting disini.
Untuk yang ingin mendownload blender silakan knjungi disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar