Selasa, 02 November 2010

Membuat flashdisk bootable

Yang dimaksud flashdisk bootable yaitu kita membuat falshdisk dapat melakukan booting, biasanya cara ini digunakan untuk melakukan instal ulang pada notebook karena tidak dilengkapi dengan DVD/CD. Ada orang yang melakukan instal ulang notebook melalui DVD/CD eksternal, tapi ada cara lain untuk melakukan instal ulang notebook, yaitu melalui flashdisk. Tapi sebelumya anda harus merubah flashdisk itu menjadi bootable agar bisa melakukan booting melalui flashdisk, selanjutnya tinggal melakukan instal ulang melalui flashdisk. Kalau saya menggunakan flashdisk bootable ini untuk melakukan instal ulang menggunakan ghost di komputer-komputer warnet tempat saya bekerja.

Langsung saja....
Hal pertama yang harus anda lakukan ada lah mendownload HP Windows Format Utility for USB Drive Key dan Windows 98 files, kedua file tersebut bisa anda download disini.

Setelah anda selesai mendownlaodnya anda, ekstrak file tersebut.
Lalu instal HP Windows Format Utility for USB Drive Key, setelah proses penginstalan selesai, anda masuk dalam program tersebut. Ini adalah screen shotnya.


Keterangan:
DEVICE: pilih flashdisk yang anda tancapkan pada komputer anda
File System: pilih FAT 32
Volume Label: silahkan isi dengan apa saja"nanti akan menjadi nama flashdisk anda.
Format Optinos , click options yang Create a DOS Startup Disk lalu pilih yang Using DOS system files located at : , click button … dan browse ke folder WIN98 hasil extract tadi. Selesai maka akan dilakukan proses format pada flashdisk dan flashdisk anda bisa digunakan untuk bootable disk.


Semoga bermanfaat :)

2 komentar:

  1. coba dulu ka....
    netbook aku uda minta di instal ulang nih :)

    BalasHapus