Senin, 27 September 2010

Perkembangan Sistem Pendinginan Komputer

Generasi pertama

HEATSINK

Heatsink adalah sebuah alat pendingin komputer yang terbuat dari alumunium. Prinsip kerja heatsink adalah menyalurkan hawa panas dari procesor keluar dengan memanfaatkan alumunium sebagai bahan penyalur panas. Tapi saat ini heatsink sudah jarang digunakan kerena proses pendinginannya kurang efektif.

Generasi Kedua

Heatsink Fan (HSF)
Perbedaan heatsink, dengan heatsink fan adalah adanya kipas diatas heatsink fan, sehingga hawa panas yang dihasilkan prosesor pun akan cepat keluar. Inilah alasan mengapa banyak orang beralih dari heatsink ke heatsink fan, karena proses pendinginannya lebih cepat, hal ini disebabkan karena adanya bantuan dari kipas yang berda dibagian atas heatsink fan.

Generasi Ketiga

Water Colling
Nah kalo sistem pendinginan yang ini mungkin masih agak asing buat kita, saya juga baru tau ada sistem pendinginan seperti ini dari dosen saya, baru-baru ini. Intinya adalah medinginkan komputer dengan menggunakan bantuan air.
Kalau bagaimana proses pemasangannya dan lebih detailnya lagi, akan saya jelaskan pada lain posting

Generasi Ketiga

Nitrogen
Kalo sistem pendinginan yang satu ini memang terdengar agak ekstrim, tapi memang benar sistem pendinginan komputer sekarang sudah memanfaatkan Notrogen sebagai bahan pendinginnya. Buat para master dalam hal overclocking hal ini memang bukan hal yang aneh lagi, karena sudah biasa menggunakannya.

mungkin baru itu saja sistem pendinginan yang saya ketahui, semoga bermanfaat pasting saya yang satu ini.






Artikel terkait:

2 komentar: