Senin, 11 Januari 2010

Mengatasi OverHeart Pada Komputer&Laptop

Jika diantara kalian ada yang merasa mempunyai masalah dengan suhu komputer&laptop yang terlalu tinggi, dan ingin tau cara mengatasinya..
pada post saya kali ini saya ingin share tips2 yang mungkin bermanfaat untuk mengatasi masalah overheat pada laptop.

1. Menggunakan cooling pad "laptop"

cooling pad merupakan cara yang paling umum yang digunakan untuk mengatasi masalah ini. Tapi cooling pad ini kurang efektif karena hanya menurunkan suhu antara 1-5 C. Tapi lumayan dari pada tidak ada pendinginan sama sekali.

2. Bersihkan kipas dan hearistik "komputer"
Blia Komputer kita sudah lama digunakan dan belum pernah kita membersihkan kipas procesor dan heatsinkNya, otomatis pada kipas procesor dan heatsink tersebut tertimbun banyak debu.
dan debu pada kipas procesor dan hearistik tadi merupakan suatu faktor yang menghambat aliran sirkulasi udara pada komuputer, dan terjadilah over heat. Jadi untuk menghindari terjadinya over heat pada laptop rajin-rajinlah membersihkan kipas procesor dan heatsink.
Sedangkan untuk laptop atau netbook bersihkan saja ventilasiNya, biasanya tertimbun banyak debu. Debu pada keyboard juga bisa menyebabkan overheat, maka bersihkanlah menggunakan vacum untuk keyboard.

3. ganti thermal paste cpu "komputer"

Thermal paste tidak berfungsi untuk mendinginkan cpu secara langsung. Tetapi berfungsi untuk melancarkan transfer panas dari cpu ke heatsink. Jadi kalau kita rajin mengganti thermal paste tapi tidak ppernah membersihkan heatsink, percuma saja.

4. suhu ruangan"komputer dan laptop"
Ingat prinsip ini POSISI MENENTUKAN PRESTASI, jadi bila anda menggunakan laptop diruang berAc dengan ruangan tak berAc pasti lain hasilnya.
ila di rumah anda tidak berAc ada trik nih buat kalian. Caranya yaitu saat mebggunakan laptop letakan laptopnya di lantai saja, apalagi saat keadaan dingin.

5. jangan membuka aplikasi yang terlalu berat/game

aplikasi yang berat/game akan memancing prosesor untuk bekerja lebih keras, sehingga suhunya pun akan meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar