Selasa, 20 Maret 2012

Pirate Of Silicon Valley

Film ini secara kasar mengisahkan tentang “peperangan” antara Apple dan Microsoft, yaitu lewat dua sosok orang yang berpengaruh di dunia, Steve Jobs dan Bill Gates.Pirates of Silicon Valley berfokus pada masa muda Jobs dan Gates ketika mereka merancang bisnis raksasa lewat garasi rumah mereka sendiri. Kita melihat bahwa sosok Steve Jobs bukanlah anak kuliahan gaul atau anak populer but he’s an outsider. He makes geek look cool. Film memberikan batas abu-abu pada masing-masing karakter, baik Jobs maupun Gates, bahwa siapa jahat dan siapa baik. Ada sedikit penipuan kecil antara Apple dan Microsoft. Jobs selalu memberikan detil dan menemukan banyak ide baru, yang ketika saat itu banyak orang mengatakan tidak mungkin. Ini terlihat dari iklan Macintosh tahun 1984 yang dibuat oleh Ridley Scott, iklan ini sudah memperlihatkan visual yang jauh kedepan. Bahwa inilah masa depan yang ada pada umat manusia.

Yang menarik dari film ini adalah penonton bisa melihat bagaimana Jobs membangun kerajaannya sejak usia muda. Jobs memiliki dunia sendiri dan terus fokus terhadap apa yang ia lakukan. Jobs tidak takut dengan tantangan bahkan sampai dipecat sendiri dari Apple sekitar tahun 1985. Mungkin kalau mau disamakan, sisi geek dari Steve Jobs mirip seperti Mark Zuckerberg dalam film The Social Network pada tahun 2010.

Saya tidak bisa mengabsahkan 100% mengenai fakta yang terjadi pada film ini. Film ini sendiri juga diadaptasi dari buku Fire in the Valley: The Making of The Personal Computer oleh Paul Freiberger dan Michael Swaine. Steve Jobs sendiri diperankan dengan baik oleh Noah Wayle (saya tidak tahu banyak mengenai penampilan aktor ini di film lain). Setidaknya penonton diberikan gambaran tentang apa yang terjadi pada masa itu. Coba cari film ini kemudian tonton dan mencoba mengerti jalan pikiran Steve Jobs selama 95 menit.

Saya bukan Apple freak yang memakai semua produk Apple. Saya hanya memiliki satu buah iPod classic 80 GB sejak tahun 2007.

Download
Password: blogmaxpc.blogspot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar