Sabtu, 03 Maret 2012

Cara Instal KDE Desktop Di Ubuntu 11.10


KDE (K Desktop Environment) adalah lingkungan desktop (desktop environment) dan platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit Qt dari Trolltech. KDE dapat ditemui pada berbagai sistem Unix, termasuk LinuxBSD, dan Solaris. KDE juga tersedia untuk Mac OS X dengan bantuan lapisan X11 dan untuk Microsoft Windows dengan bantuanCygwin.Keunggulan utama KDE adalah kemudahan pemakaian, fleksibilitas, portabitilis, dan kekayaan fitur. KDE dikembangkan sejalan dengan KDevelop, paket pengembangan perangkat lunak, dan KOffice, paket aplikasi office.Huruf "K" mulanya adalah untuk "Kool", tetapi selanjutnya diganti menjadi "K" saja, yang berarti "Aksara pertama sebelum 'L' (untuk Linux) dalam alfabet Latin."Sumber: Wikipedia

Dengan desktop KDE, kita bisa men-tweak segala macam tampilan Ubuntu kita, mulai dari bikin Wallpaper Slideshow, taskbar yang seperti tampilan Win**ws 7, dan masih banyak lagi yangg bisa di tweak dengan desktop KDE ini.
Jadi kita bisa membuat desktop impian kita sendiri menggunakan KDE, asalkan kita rajin-rajin googling untuk mencari tips dan trik untuk mengoprek tampilan KDE.

Langsung saja menuju ke cara instalasi desktop KDE.
Banyak cara yang bisa digunakan baik melalui Ubuntu Software Center, Synaptic, dan juga lewat terminal. Kali ini saya akn membahas cara instalasi melalui terminal.

Buka terminal dan ketikkan perintah berikut :

Pertama kita akan menginstall repository KDE, 
sudo add-apt-repository ppa:kubuntu-ppa/backports

Selanjutnya, lalu lakukan update
sudo apt-get update

Install KDE dengan ketikan perintah berikut :
sudo apt-get install kubuntu-desktop

Setelah proses instalasi selesai silakan logout, lalu Pilih Login dengan KDE Plasma.
Selamat mencoba ^_^

NB: Proses instalasi harus koneksi dengan internet

1 komentar: