Selasa, 28 Februari 2012

Memperbaiki eror di ubuntu 11.10 E: Sub-process /usr/bin/dpkg returned an error code (1)

Kemarin saya mencoba menginstal KDE desktop untuk ubuntu 11.10. Semua proses instalasi berjalan lancar, hasilnya juga bisa berjalan dengan baik di laptop saya. Masalahnya muncul ketika ubuntu saya meminta update lewat update manager.
tiba-tiba muncul pesan eror yang menyuruh saya mengetik apt-get install -f lewat terminal tentunya.
Setelah saya mengetik perintah itu ternyata muncul eror lagi.
Setelah saya searching di google akhirnya masalah ini terselesaikan juga.
Cara mengatasinya:
Untuk memperbaikinya (dalam banyak kasus), caranya adalah perhatikan alur jalan (path) file tersebut. Untuk kasus 1 alurnya adalah "/var/cache/apt/archives/smplayer_0.6.9+svn3595-1ppa1~maverick1_i386.deb" kemudian atasi dengan menjalankan perintah:

sudo dpkg -i --force-overwrite /var/cache/apt/archives/smplayer_0.6.9+svn3595-1ppa1~maverick1_i386.deb

Bila perintah "--force-overwrite" gagal, coba gunakan "--force-all".

Hasilnya, ubuntu sudah bisa update kembali, selamat mencoba. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar