Selasa, 15 Februari 2011

LED Monitor

Baru-baru ini produsen lCD monitor memperkenalkan jajaran produk baru mereka dengan teknologi baru yang lebih ramah lingkungan yaitu LED (light emitting diode)Monitor.
Teknologi layar monitor CRT (Cathode-Ray Tube) sudah lama ditinggalkan dan kemudian muncul LCD (Liquid Crystal Display).
LCD monitor menggunakan tabung-tabung fluorescent CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamp), terbentuklah uap merkuri (air raksa/Hg) bertekanan rendah. Merkuri (Hg) ini adalah produk yang berbahaya, yang jika dibuang begitu saja akan mencemari lingkungan.

Kelebihan LED Monitor diantaranya adalah :

1. Kontras Rasio yang cukup tinggi perbandingannya dibandingkan dengan LCD monitor, misalnya sampai dengan 1.000.000 : 1.
2. Tidak menggunakan bahan–bahan yang berbahaya bagi lingkungan, salah satunya tidak lagi menggunakan bahan elektronik yang mengandung mercury.
3. Kemampuan menghasilkan detail gambar yang lebih halus dan lebih sempurna dibandingkan dengan LCD monitor, sehingga para desaign grafis yang dahulu mengeluhkan kualitas gambar LCD yang tidak sebaik CRT monitor bisa mencoba menggunakan LED Monitor.
4. Karena menggunakan LED, dipastikan tidak menghasilkan flicker (kedip) lebih sering (diistilahkan sebagai “flicker free”)
5. Pencahayaan yang dihasilkan oleh LED lebih stabil dibandingan dengan LCD, sehingga kestabilan cahaya dan warna, serta ketajamannya bisa terjaga selama monitor digunakan.
6. Konsumsi energi yang digunakan lebih sedikit (40 % lebih hemat) dibandingkan dengan LCD monitor yang masih menggunakan lampu fluorescent sebagai pemancar cahaya
7. Pencahayaan yang dihasilkan oleh LED lebih stabil dibandingan dengan LCD, sehingga kestabilan cahaya dan warna, serta ketajamannya bisa terjaga selama monitor digunakan.
8. LED monitor dibandingkan dengan LCD monitor akan mempunyai berat yang lebih ringan, disamping itu ketebalannya akan lebih tipis juga.
9. Umur lampu LED lebih lama atau mempunyai masa pakai yang lebih lama dibandingkan LCD monitor

Dari hal2 diatas maka teknologi LED monitor dianggap lebih hemat energi dan ramah lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar