Minggu, 19 Desember 2010

Bloger VS Bahasa Inggris

Bloger VS bahasa inggris????
"Memang apa hubungannya bloger VS bahasa inggris?"
Judul yang aneh yah?

Sebenarnya artikel ini merupakan curahan hati seorang bloger yang dulu malas sekali untuk belajar bahasa inggris "saya".


Saya dulu adalah seorang siswa yang sangat malas untuk memperhatikan pelajaran khususnya "bahasa inggris" Akhirnya setelah saya lulus, saya terkena hukum karma.
HUKUM KARMA????? Maksudnya, ternyata di dunia pekerjaan saat ini sangatlah dituntut untuk bisa menguasai bahasa inggris.
Contohnya saja, saya sebagai seorang bloger tentu ingin menjadikan blogenya sebagai ladang uang dengan program-program advertisement yang sekarang sudah banyak. Satu target utama saya yaitu "google adsense"
Tapi ternyata saya sangat kecewa setelah membaca persyaratan dari google adsense bahwa blog berbahasa inggris "karena bahasa indonesia belum dipergunakan oleh google adsense". Tapi saya tetap saja nekat untuk mendaftarkan blog saya di google adsense, tapi hasilnya nihil, 3X saya mendaftar, 3X juga saya ditolak .

Tapi saya tidak menyerah, saya coba bertanya dengan teman-teman bloger saya. Tapi jawabannya sangat mengecewakan "Kalo blog bahasa indonesia itu susah ikut program advertisement luar, paling cuma bisa ikut program advertisment lokal, tapi masalah pembayarannya juga berbeda."

Karena kejadian itu saya bertekat untuk belajar bahasa inggris, oleh karena itu saya ingin membagikan tips belajar bahasa inggris ala bloger yang sedang saya praktekan.

Tips Bloger 1 :
before we learn to run learn to crawl "sebelum belajar berlari belajarlah untuk merangkak"

Jadi inti dari tips pertama ini, anda jangan langsung ingin belajar bahasa inggris. Anda harus belajar dari dasar dulu entah itu grammar, tenses, dll.
Jadi anda jangan bermimpi untuk langsung dapat berbicara bahasa inggris dengan lancara layaknya orang luar berbicara. Tapi anda diharap bersabar dan tidak menyerah.
Kalau peribahasa jawa bilang alon-alon asal kelakon. Jadi ingat belajar bahasa inggris itu setahap demi setahap.

Tips Bloger 2 :
learn to listen and listen to learn "Belajar untuk mendengar dan mendengar untuk belajar"

Bahasa tingkat tinggi nih, menjelaskannya membutuhkan proses...he...he...he...
Jadi pada tips kedua ini intinya adalah memanfaatkan indra pendengaran kita "telinga" untuk belajar.
Caranya sangat mudah, kita hanya perlu sering-sering mendengarkan orang berbahasa inggris, entah itu dari filem, atau dari lagu, atau dari mana saja.
Walaupun tidak tau artinya tetap saja dengarkan, kalau bisa tirukan suara penyanyinya
Walaupun tidak tau artinya. Apa tujuannya???
Begini untuk lebih mudahnya saya ibaratkan seorang bayi. Kata pertama yang diucapkan seorang bayi, adalah sebuah kata yang ditirukannya dari orang lain, karena kata itu sering ia dengar. Jadi sebenarnya seorang bayi tidak tau apa yang dia katakan, karena dia hanya menirunya tanpa mengerti artinya, tapi akhirnya dia dapat mengerti dan memahaminya.
Saya harap anda dapat melalui tahap ini dengan mudah, apalagi buat anda yang termasuk pencinta musik.

Tips Bloger 3 :
speak up"berbicara"
Berbicara????
setiap hari saya sudah berbicara. Tapi maksudnya disini adalah berbicara dalam bahasa inggris. Pasti untuk mengawalinya sangat susah, tapi saya punya cara biar kalian PD dalam berbicara menggunakan bahasa inggris.
Caranya sangat mudah, cuma dengan memanfaatkan situs jejaring sosial seperti facebook.
kalian pasti sudah tau semua dengan yang namanya facebook, jadi cara ini pasti akan sangat efektif buat kalian penggila facebook.
Langsung saja, caranya kalian cari teman-teman dari luar negeri lalu ajak mereka chat dengan bahasa inggris. Jangan malu dan jangan takut salah, karena itu adalah prosees belajar.
Jika kalian sering chat dengan para Bule pasti bahasa inggris kalian bisa sejago mereka.

Kesimpulan dari sang bloger:
Dalam belajar berbahasa inggris janganlah pernah takut salah, kerena SALAH merupakan suatu proses yang harus anda lalui semelum anda lancar berbahasa inggris.
Juga jangan lupa sering-seringlah berbicara menggunakan bahasa inggris.

Amanat dari sang bloger:
Bahasa inggris adalah suatu jalan pintas untuk kita menuju kesuksesan, karena denagn bahasa inggris akan lebih banyak peluang unutuk kita, entah itu peluang dalam dunia kerja, ataupun pendidikan"beasiswa". Jadi jangan lah takut terhadap bahasa inggris, karena bahasa inggris akan sanagat banyak membantu anda. Jadi pegang prinsip ini "TIADA HARI TANPA BAHASA INGGRIS"



artikel ini didukung olehbelajar hipnotis

2 komentar:

  1. wow artikel nya boleh juga nih.. jadi tambah pengetahuan

    BalasHapus
  2. Tulisan bagus jo ;) simpel tapi membangun.. hemm ada baiknya kamu post juga ke forum http://www.indonesiaindonesia.com/ dan aksih link tulisan ini biar kita sepakat kalo bahasa inggris itu penting meskipun bukan yang utama banget ;)

    mamah Megha@indonesiaidnonesia.com

    BalasHapus