Kamis, 30 September 2010

Sistem oprasi Live CD/Live USB

Saya tau kalau ada sistem oprasi live CD waktu saya masih SMA, waktu itu saya di perlihatkan Linux live CD (menggunakan PC linux OS).
Waktu itu saya benar-benar kagum, ternyata kita pun dapat mencoba suatu OS tanpa perlu menginstalnya ke harddisk terlebih dahulu "hebat bukan".
Anda tidak perlu khawatir jika menngunakan live CD ini, karena live CD tidak menngunakan harddisk, jadi hardisk anda akan aman dari bad sector.
Ternyata banyak virian linux yang bisa dipakai secara live CD, tapi bukan hanya linux saja sekarang sudah ada android live CD/Live USB, bahkan windowspun dapat digunakan secara live CD.

Awalnya Ppenggunaan live CD itu tujuannya untuk melakukan pengujian sistem operasi yang bersifat open-source seperti GNU/Linux, FreeBSD, OpenBSD, NetBSD, ReactOS, dan BeOS. Selain digunakan untuk melakukan pengujian, dapat juga digunakan untuk melakukan troubleshooting terhadap sistem operasi yang bermasalah.

Tapi sekarang banyak orang yang menggunakan Live CD untuk mencoba suatu sistem oprasi, sebelum di instal ke dalam komputer/laptopnya.

Juga ada yang menggunakannya untuk recovery data, test sistem operasi, membersihkan virus, menganalisa kerusakan komputer dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar